INDIKATOR MUTU RS MUHAMMADIYAH SELOGIRI

Rumah Sakit adalah suatu institusi pelayanan kesehatan yang kompleks karena adanya pelayanan yang menyangkut berbagai fungsi  antara lain pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Oleh sebab itu agar Rumah Sakit mampu melaksanakan fungsi yang demikian kompleks maka Rumah Sakit harus memiliki sumber daya manusia yang professional baik di bidang teknis medis maupun administrasi kesehatan. Untuk itu dalam menjaga dan meningkatkan mutu pelayanannya   Rumah   Sakit   harus   mempunyai   tolak   ukur   atau   indikator  untuk   memantau peningkatan mutu pelayanan di semua tingkatan.

Salah satu bentuk upaya peningkatan mutu pelayanan  RS adalah  adanya penilaian  mutu pelayanan dengan indikator mutu kunci RS. Peningkatan mutu dan keselamatan pasien dilakukan berdasarkan tersedianya data. Penggunaan data secara efektif dapat dilakukan berdasarkan evidence-based praktek klinik dan evidence-based praktek manajemen. Berhubung sebagian besar rumah sakit mempunyai sumber daya terbatas, maka rumah sakit ini tidak dapat mengumpulkan data untuk menilai semua hal yang diinginkan.

Rumah  Sakit Muhammadiyah Selogiri dalam  upaya  meningkatkan  mutu  pelayanan kesehatan menetapkan indikator  mutu pelayanan sesuai dengan peraturan perundang – undangan yaitu 12 indikator mutu nasional Rumah Sakit dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

          Salah satu proses pengumpulan data indikator area klinis yaitu:

  1. Kepatuhan Identifikasi pasien

    Analisa :

    Kepatuhan Identifikasi pasien ini menunjukkan capain naik turun  cenderung   stabil mendekati target yang ditetapkan Yaitu ; 99,7 %

  2. Emergency Respons Time (Waktu Tanggap Pelayanan Gawat Darurat ≤ 5 menit)

    Analisa :

    Emergensy respon Time (waktu pelayanan Gawat darurat )  ini menunjukan capain yang naik turun naik mendekati target yang diharapkan dengan rata-rata capaian : 98,60 %.

  3. Kepuasan pasien dan keluarga (indek kepuasan masyarakat)

    Analisa :

    Kepuasan pasien dan keluarga (indek kepuasaan masyarakat) menunjukkan hasil yang bagus mencapai target . hal ijni menunjukkan rata-rata pasien yang dirawat di RSM menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan.

  4. Kepatuhan Jam Visit Dokter

Analisa:

Kepatuhan jam visit dokter spesialis di rawat inap menunjukan trennya naik, meskipun belum mencapai standar yang ditetapkan. Visit dokter Spesialis sesuai kebijakan di RS adalah jam 5.30 – 21.00 wib, mengingat RS Muhammadiyah adalah rumah sakit swasta yang dokternya banyak dari RSUD Wonogiri.

         5. Waktu Lapor Hasil Tes Kritis Laboratorium ≤ 30 MENIT

Analisa:

Waktu lapor hasil nilai kritis Laboratotium menunjukkan capain memenuhi standar yang ditetapkan.

         6. Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional (Fornas

                Analisa :

                 Kepatuhan penggunaan Formularium nasional (FORNAS)                                   menunjukan capain yang stabil tetapi belum sesuai target yang                       ditetapkan.

Tambahan :

Tentang Kami

Rumah sakit Muhammadiyah Selogiri adalah rumah sakit swasta kedua yang berdiri diwilayah kabupaten Wonogiri. Didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Selogiri yang mempunyai prinsip sosio ekonomi dengan mengedepankan prinsip-prinsip sosial dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan pengembangan organisasi Muhammadiyah

Hubungi Kami

  • Jln. Lama Nambangan | Selogiri |
    Wonogiri | Jawa Tengah
  • Phone: (0273)322624
  • IGD : (0273)5327899
  • Fax: 5327504
  • Email: rsmuhammadiyahselogiri@gmail.com
  • Email2: muhammadiyahwonogiri@yahoo.co.id
  • Website: www.rsmuhammadiyahselogiri.com